Wisata Kuliner Wajib Dicoba, Buat Kamu Yang Lagi Liburan Di Jogja

Jika berkunjung ke suatu tempat wisata, hal utama yang ditanyakan setelah menikmati keindahan wisata sekitar adalah kuliner khas daera tersebut. Tidak terkecuali di Jogja yang merupakan salah satu kota wisata dengan jumlah kedatangan wisatawan cukup tinggi. Setiap harinya selalu ada saja wisatawan yang datang berkunjung baik itu wisatawan lokal maupun mancanegara.

Di Jogja sendiri ada beraneka ragam wisata kuliner yang bisa Anda coba. Mulai dari kuliner yang pedas, manis, hinggu kuliner unik yang tidak akan Anda dapatkan di daerah lainnya. Dan kali ini JogjaID.com akan memberikan beberapa informasi yang wisata kuliner yang patut kamu coba ketika berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kuliner Pedas Khas Jogja

Seperti yang tadi kita sebutkan, wisata kuliner di Jogja itu begitu beraneka ragam. Mulaid dari kuliner yang rasanya pedas, manis, hingga ada juga kuliner yang unik. Dan akan kita bahas satu persatu sesuai kategorinya.

Yang pertama yaitu wisata kuliner dengan citra rasa pedas, karena kuliner tipe satu ini paling banyak diminat oleh para wisatawan. Selain rasanya yang enak, kuliner-kuliner ini juga akan membuat lidah kamu terbakar dengan citra rasa pedasnya.

Oseng-Oseng Mercon Bu Narti

kuliner khas jogjaBerwisata di Jogja pada malam hari merupakan hal yang menarik. Karena memang kota Pelajar yang satu ini memiliki eksotisme ketika di malam hari. Banyak warung-warung tenda dan lesehan dibuka dipinggir jalan, dan iringan musik pengamen jalanan. Menjadikan wisata di Jogja makin seru dan asyik. Dan satu hal yag jangan kamu lewatkan ketika berwisata di Jogja pada malam hari yaitu menikmati sedapnya wisata kuliner Oseng-Oseng Mercon Bu Narti.

Kuliner ini dinamakan Oseng-Oseng Mercon karena ketika memakannya, mulut Anda akan terasa meledak-ledak seperti memakan petasan (mercon). Karena kuliner ini rasanya pedas, maka Anda harus siap-siap untuk menikmati citra rasa oseng-oseng mercon ini.

Untuk menikmati oseng-oseng mercon ini, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp.9.000,-/porsi dan Rp.3.000,-/porsi untuk nasi putihnya. Jadi dengan uang Rp.13.000,- saja Anda sudah bisa menikmati pedasnya kuliner khas Jogja yaitu Oseng-oseng mercon ini.

Gudeg Setan (Gudeg Mercon Bu Tinah)

gudeg setanMasih berwisata kuliner di malam hari, ada satu lagi kuliner pedas yang hanya buka pada malam hari. Seperti namanya, gudeg setan ini hanya buka pada malam hari. Sekitar jam 8 atau 9 warung ini mulai buka. Dan puncak ramainya ada pada sekitar jam 10 – 11 malam hari.

Gudeg Setan juga sering disebut Gudeg Mercon, karena rasanya yang pedas dan akan meledakan lidah Anda ketika memakannya. Tidak ubah seperti gudeg lainnya, mulai dari bentuk dan cara penyajiannya. Hanya saja gudeg setan ini memiliki citra rasanya tersendiri dan pastinya siap meledakan mulut Anda.

Berlokasi di daerah Pakuningratan, Yogyakarta. Memang untuk menemukan lokasi wisata kuliner ini agak sulit, karena lokasinya yang memasuki jalan perumahan. Tapi Anda tidak perlu khawatir, Anda bisa tanya ke warga sekitar lokasi Gudeg Mercon ini. Karena memang sudah terkenal dan hampir semua warga sekitar Jogja tahu lokasi wisata kuliner yang satu ini.

Kuliner Unik Khas Jogja

Setelah membahas kuliner Jogja dengan citra rasa pedas. Selanjutnya kita akan lanjut ke wisata kuliner unik di Jogja. Sebenarnya ada banyak sekali kuliner yang unik di Jogja ini. Tapi sepertinya semua tidak akan cukup dituangkan dalam satu tulisan saja. Dan kali ini JogjaID akan hanya membahas beberapa, antara lain:

Walang Goreng

wisata kuliner jogjaJika Anda mencari kuliner yang beda dari yang lain. Cobalah membeli Walang Goreng, kuliner ini berasal dari daerah Wonosari, Yogyakarta. Di daerah Wonosari ini pun banyak sekali lokasi objek wisata yang terkenal seperti Cave Tubing Goa Pindul, Rafting Sungai Oyo, Pantai Indrayanti, dan masih banyak objek wisata menarik lainnya. Jika Anda sudah mengunjungi beberapa dari objek wisata tersebut. Coba tanyakan ke warga sekitar atau ke operator tur Anda dimana tempat untuk membeli walang goreng. 😀

Kelihatannnya memeng mengerikan makan walang yang merupakan bintang yang sering kita lihat. Tapi jika Anda sudah merasakannya, Anda akan ketagihan dan ingin lagi dan lagi. hehe 😀 Karena rasa walang goreng ini seperti memakan udang. Gurih dan nikmati, biar tidak penasaran. Baiknya Anda langsung mencobanya saja. 🙂

Kopi Joss

kopi joss yogyakartaJika Anda penikmat kopi, harus coba wisata kuliner yang satu ini. Hanya buka pada malam hari juga, tepatnya berlokasi di daerah Mangkubumi, Yogyakarta. Dekat dengan lokasi Tuju Jogja. Area kuliner Kopi Joss ini selalu ramai setiiap harinya dikunjungi para wisatawan baik dari dalam dan luar negeri. Cara pembuatan kopinya yang unik, menjadi daya tarik kuliner khas Jogja yang satu ini.

Beda dari yang lain, jika kopi pada umumnya dibuat dari biji kopi. Maka kopi yang satu ini dibuat dari arang. Ketika akan membuat kopinya, akan dimasukan arang yang masih membara ke dalam kopinya. Sehingga akan menimbulkna bunyi jjjooossss, karena itu dinamakan kopi joss.

Walaupun terbuat dari arang, kopi joss ini sudah dinyatakan aman dan menyehatkan. Para mahasiswa UGM telah menelitinya dan menyatakan kopi joss ini aman dan memiliki beberapa khasiat tersendiri.

Ya, itulah beberapa wisata kuliner Jogja yang patut Anda coba. Jika berkunjung ke Jogja, jangan lupa untuk menikmati berbagai kuliner tersebut. Dan tentunya, siapkan rencana liburan Anda sebaik-baiknya di Jogja. Selamat berwisata di Jogja. 🙂