Siapa Berani Coba? Cemilan Ekstrim Ala Gunungkidul Yang Satu Ini

Berburu kuliner ketika berlibur ke suatu objek wisata sudah menjadi hal yang wajib. Dan jika anda berlibur ke Gunungkidul – Jogja, anda pun jangan terlupa cemilan ekstrim yang satu ini.

Ya, belalang goreng. Mungkin di tempat anda, ini bukan makanan yang lazim dimakan. Benar?

Dan di daerah asal saya juga, ini memang bukan makanan / cemilan yang lazim dimakan. Dan saya baru mengetahui bahwa belalang bisa dijadikan makanan ketika mengunjungi Jogja.

Buat yang belum tau, pastinya akan merasa jijik jika pertama kali melihat bentuknya. Tapi jika anda sudah mencobanya, belalang goreng ini memiliki rasa yang gurah dan renyah. Hhhmmm, sangat nikmat jika dijadikan cemilan atau pun lauk yang dimakan dengan nasi.

belalang goreng

Belalang kaya akan protein, jadi cemilan yang satu ini memang merupakan cemilan sehat. Dan banyak yang bilang, rasanya gurih seperti udang. Hhmmm, makin penasaran aja ya ingin mencobanya.

Tidak semua jenis belalang dapat dijadikan cemilan. Di daerah Gunungkidul ini hanya jenis belalang kayu saja yang dapat dijadikan sebagai cemilan khas gunungkidul.

Cemilan ini biasanya dijual di sepanjang ruas jalan Gunungkidul, dan biasanya paling banyak di ruas jalan menuju objek-objek wisata.

Jika anda berniat mencoba cemilan ekstrim yang satu ini, ada 2 pilihan rasa yang dapat anda pilih. Ya itu rasa gurih dan rasa pedas manis. Tapi saya pribadi lebih menyukai rasa gurih untuk dijadikan cemilan.

cemilan gunungkidul

Cara pembuatan cemilan belalang goreng ini tergolong mudah. pertama-tama, anda bersihkan dulu belalang yang akan dioleh dari kotoran tubuhnya. Setelah itu, goreng belalang hingga kering, dan yang terakhir masukan bumbu sebagai penyedap rasanya. Dan cemilan ekstrim ala gunungkidul ini pun sudah jadi dan bisa dinikmati.

Sudah tidak sabar ya untuk mencobanya, dan anda tidak perlu khawatir karena harga belalang goreng ini tidak akan menguras kantong anda. Anda hanya cukup merogoh kocek berkisar 20 – 30ribu/topless untuk bisa mencoba cemilan ini.

Eitttss, tapi anda juga harus berhati-hati jika ingin mencobanya. Karena belalang goreng ini memiliki protein yang sangat tinggi, dan buat anda yang alergi dengan makanan berprotein tinggi sebaiknya menghindari cemilan ekstrim ini. Karena ada beberapa kasus wisatawan yang datang dan mencoba, tapi setelah makan merasa gatal-gatal karena alergi yang dimilikinya.

Tapi jika anda tidak memiliki alergi, tidak salah rasanya jika cemilan belalang goreng ini dibawa juga untuk oleh-oleh keluarga di rumah setelah selesai berilbur di Jogja. Karena cemilan ini bisa bertahan sampai 1 bulan untuk bisa anda nimati. Asyik bukan?

jika anda merasa cemilan ini menarik, share / bagikan info ini ke teman-teman anda. Agar mereka tahu bahwa ada cemilan ekstrim di Gunungkidul yang patut mereka coba.