Ayo Tebak, Apa Makanan Khas Jogja? Siapa Bisa Jawab

Kalo kita datang ke suatu tempat pasti yang pertama ditanya tu apa sih makanan khas daerah tersebut? dan ini juga pertanyaan wajib buat kamu yang datang berlibur di Jogja. Mencicipi makanan khas Jogja merupakan salah satu aktifitas wajib ketika kamu tour ke Jogja. Selain mengunjungi beberapa objek wisata seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan, Malioboro, dan tempat wisata lainnya. Kamu juga harus menyisihkan waktu untuk mencicipi kuliner (makanan) khas Jogja.

Apa Sih Makanan Khas Jogja Itu?

Kalo kamu yang berasal dari luar kota pasti mengira makanan khas Jogja itu Gudeg. Nasi yang diberi sayur nangka yang dimasak dikuali dengan tambahan bumbu seperti daun jati, gula jawa, salam, dan rempah-rempah lainnya. Rasanya manis dan mungkin bagi orang luar Jogja pasti agak aneh dengan makanan yang satu ini. karena makanan berat seperti nasi itu biasanya dipadukan dengan lauk yang bercita rasa gurih, pedas, dan asin. Tapi kalo rasa Gudeg ini rasanya manis dan gurih.

makanan khas jogja

Gudeg – Makanan Khas Jogja

Makanan Lain Selain Gudeg?

Kalo makanan khas Jogja lainnya selain gudeg ya banyak. Tergantung kamu tanya di Jogja daerah mana. Kalo kamu tanya ke warga sekitar Bebeng (kaki gunung Merapi), pasti mereka akan menjawab Wedang Gedhang. Minuman ini cocok untuk warga yang tinggal di kaki gunung dengan udara dingin. karena rasa minuman ini hangat dan berkalori tinggi karena terbuat dari pisang.

Dan kalo di daerah Kaliurang, mayoritas warga pasti menjawab tempe bacem dan jadah. Dan kalo anak nongkrong di Jogja kebanyakan tahunya makanan khas Jogja itu pasti Angkringan (nasi kucing).

Itu mungkin gambaran sedikit tentang makanan khas Jogja. Buat kamu yang punya pengalaman tentang makanan khas Jogja, silahkan dishare disini. 🙂